Harga Bawang Putih dan Bawang Merah 'Salip Menyalip'
Lokak Berita

Harga Bawang Putih dan Bawang Merah 'Salip Menyalip'

Harga Bawang Putih dan Bawang Merah 'Salip Menyalip'

EraMacro : Seperti kejar-kejaran, harga dua komoditas, bawang putih dan bawang merah saling salip menyalip. Di saat harga bawang putih sudah mulai menurun, harga bawang merah tak mau beranjak membaik.

"Harga bawang merah masih Rp 50 ribu dari kemarin, sedangkan bawang putih sudah merosot lumayan jauh menjadi Rp 40 ribu per kilo dari sebelumnya Rp 70 ribu," ungkap Tumiyem, pedagang bumbu di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, saat ditemui Liputan6.com, Sabtu (23/3/2013).

Pedagang sayur dan bumbu lainnya, Suyatmi, menyatakan bawang merah asal Brebes telah susut dari Rp 60 ribu setiap kg pada posisi kemarin, kini menjadi Rp 40 ribu per kilo.

"Bawang putih cutting (belum dikupas) pernah mencapai titik tertinggi Rp 80 ribu per kg, dan jenis bulat sebesar Rp 60 ribu. Sementara harga pokok dari Pasar Induk Cibitung, sebesar Rp 36 ribu untuk cutting dan yang sudah dibersihkan Rp 45 ribu per kg," urainya.

Kenaikan harga bumbu masak tersebut, diakui Tumiyem membuat penjualan keduanya merosot cukup signifikan. Jika biasanya dia bisa menjual 15 kg bawang putih dan 20 kg bawang merah dalam sehari, kini hanya 5 kg.

"Kadang sekilo dalam sehari saja belum tentu terjual, sebab konsumen jadi menurunkan pembeliannya. Yang biasa beli sekilo, sekarang jadi cuma seperempat, se-ons dan ketengan," keluhnya.

Bahkan Suyatmi merasakan terjadi penurunan jumlah pendapatannya. Dari awalnya bisa mencapai Rp 1,6-1,7 juta per hari menjadi hanya Rp 800 ribu. "Tapi saya optimistis pekan depan, harga bawang merah bisa stabil karena pasokan akan datang ke Pasar Induk Cibitung," katanya.

Keduanya berharap, pemerintah dapat menstabilkan harga kebutuhan pangan, seperti bawang merah, bawang putih dan cabai rawit besar. "Semoga harganya bisa kembali stabil, jangan kemahalan yang hanya akan menguntungkan importir. Tapi juga jangan terlalu murah karena merugikan petani bawang," harap Tumiyem.

Dia juga meminta supaya pemerintah yang mengambilalih peran sebagai importir bawang, ketimbang harus melalui jasa importir terdaftar.
Hay tamuku,Trimakasih sudah membaca Harga Bawang Putih dan Bawang Merah 'Salip Menyalip' ,Silahkan bagikan artikel Harga Bawang Putih dan Bawang Merah 'Salip Menyalip' kepada teman anda!
Share on :
 

Poskan Komentar

 
Support : By | Blog Era Macro |
Copyright © 2012. Blog Era::.Macro.:: - All Rights Reserved
Di Kelola Oleh I Template Blog EraMacro by I Template Blog
Proudly powered by Blogger
Checkpagerank.net Internet free search engine submission Future Google PR for cob22.blogspot.com - 3.65